14.4.08

Tentang Aku & Punk

Aku mulai menyukai musik pada saat demam ska melanda negeri ini. Mulai dari band punk yang cukup melegenda namanya "Rancid" aku mengenal yang namanya musik Punk-Ska. Yeah aku mulai tergila-gila sama musik punk rock pada pertengahan sekolah lanjutan pertamaku tepatnya sejak kelas 2 smp. Pertama kali mendengar lagu-lagunya dari album '...And out come the wolves' seperti 'Time Bomb, Roots Radical, dan Journey to the End.

Kesenanganku pada dunia Punk mulai berlanjut ke gaya hidup dan fashion. Aku sampai-sampai pernah mencukur rambutku bergaya indian mohawk , memakai ikat pinggang berhias logam, celana strict kotak-kotak dan lain-lain. Koleksi musikku pun bertambah. Dengan meniru-niru gaya Tim Armstrong yang menyebut koleksi musiknya 'sampah radikal'. Aku mulai mengkoleksi band-band punk lain seperti The Casualties, NoFX, Green Day, The Exploited, Ramones, Anti-Flag, Operation Ivy, The Addict dan masih banyak lagi band lainnya mulai dari indie label hingga DIY label.. Pada saat itu, semua koleksi musikku adalah musik-musik punk yang ngetrend pada akhir 80an dan awal 90an.

Awal tahun 2000 musik punk mulai ngetrend kembali di negeri ini (setelah demam ska mulai surut). Saat itu sedang booming-booming nya band trio punk? asal san diego Blink 182. Hehe terbawa trend aku juga ikut-ikutan suka.. selain itu masih ada band-band sejenis seperti MxPx terus ada juga Good Charlotte bla-bla dan Band-band lokal yang mengaku mengusung aliran punk rok semacam ini. Tetapi lama-kelamaan aku mulai risih dengan trend yang beredar. Hal ini terjadi setelah aku mulai merasa muak dengan kelakuan orang-orang yang menganggap dirinya anak punk (hehe istilahnya poser kali..) dan band-band yang semakin tidak bermutu (menurutku hahaha).

Tak terasa sudah bertahun-tahun berkecimpung dalam dunia musik punk rock ini hahah.. Selama itu pula aku memahami bahwa dalam dunia punk ini banyak hal yang lebih penting daripada hanya sekedar musik. Punk adalah sebuah gaya hidup untuk memperjuangkan sesuatu yang kita yakini. Yeah! kalau mau tahu lebih banyak tentang punk dapat dilihat di blognya teman baruku si erickningrat itu haha blognya ngepunk abiss keren bro!

Selama itu pula aku sadar bahwa kadar 'punk nya seseorang itu tidak dapat diukur dari rambut mohaknya, celana dan bootnya, atau seberapa keras musiknya haha. Saat ini aku berpenampilan biasa-biasa saja pake kemeja dan celana jeans saat kuliah, sepatu kets dan tas ransel.. Nggak ada spike, nggak ada emblem, nggak ada pin dan aksesoris lainnya.. tetapi yang penting tetap ada yang namanya 'punk didalam sini.............

Yeah inilah diriku! boleh kasih saran, kritik, cibiran, atau cemoohan tetapi jangan protes!

5 comments:

Anonymous said...

weh...punya prinsip hidup emang penting, asal jangan ampe keluar motto PUNK = RELIGION :D

Anonymous said...

wah ternyata blog gw masuk artikel lo...
jadi ga enak di bilang blog punk hahaha,coz gw ga ngepunk2 amat koq...
tapi salut buat lo yang punya prinsip hidup dalam melihat punk itu sendiri.
percayalah, menanam benih yang baik pasti mendapatkan buah yang sehat :-)
keep D.I.Y bro
tetap berkarya !
salam

synthia said...

iyaa .. emg band kaya blink 182 suka ngaku" punk pdhl gayanya doang(sok tau bgt ia?)

Paams said...

tau marjinal ga? :D

Anonymous said...

menurut lo semua emang PUNK itu apa,musik nya doang ato attitude-nya juga.gw berpikir ada band2 PUNK tapi ga ada attitude PUnk…gw salut banget sama NOFX,Bad Religion dll yg bisa besar tanpa kapitalis Industri Musik yg cuma bisa ngambil keuntungan dari band2…ya mungkin kaya GREEN DAY,SUM 41 contohnya mereka cuma ngejual band mereka ke Records label buat cari duit ……(ga maksud buat ngejelekin sich…!) tp itu ngejatuhin spirit Punk itu sendiri…
yach gw rasa itu yg hilang dari semangat DIY
dari kita untuk kita
n menurut lo gmn…?

Jadi yang masuk major udah gak ngepunk? coba ente cek dulu Rancid Apakah indie? oh tidak rupanya……..MXPX apakah mereka indie…..Lho kok di kasetnya Universal ya?………..wah kalo penilaian punk hanya dari situ..sori terlalu piciklah anda berstatement bung

Tapi lo tau kan kalo Album Green Day yang DOOKIE itu bukan album pertama mereka?(pasti dong lo kan anak punk!)…dua album sebelum itu 1039 Smoothed Out Slappy Hours, KERPLUNK itu indie..dan mereka udah dipandang (masuk OST Jerky BOYS - 2000 Light years away!)artinya green day gak ngejual diri mereka…lah emang udah dipandang kok….(Superman Is dead juga sama kan?)

So mari samakan presepsi…kalo kita cuma mentok di gaya rambut dsb…dsb… yang sifatnya fisik…ALAHHH BISA DI BILANG POSSER KITA BUNG!!!!!!

kalo kata Rivers Cuomo: Punk is not your hair style, it’s your conviction!